Bambang Anwar

Seorang Guru IPA di SMP Negeri 11 Kota Jambi, kelahiran Kerinci 28 Juli 1986, menyelesaikan pendidikan Magister Pendidikan di Universitas Negeri Malang UM, ayah...

Selengkapnya
Navigasi Web
TOT Guru Inovatif 2020

TOT Guru Inovatif 2020

#Day_103

#Tantangan_365_hari_menulis_gurusiana

Pembelajaran pada abad 21 lebih mengedepankan pembelajaran yang mengkolaborasikan metode tatap muka dengan tekhnologi. Empat kompetensi yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yaitu kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas, dan komunikasi. Pemanfaatan tekhnologi dalam pembelajaran mampu membiasakan ke empat keterampilan tersebut.

Banyak perusahan  tekhnologi yang telah merambah ke dunia penddikan sebagai kolaborator ataupun motor penggerak dalam mempermudah pencapaian tujuan pendidikan. Salah satunya adalah Microsoft, melalui Microsoft educator center dan  Microsoft office 365 melakukan TOT Guru Inovatif tahun 2020 secara gratis kepada seluruh guru dan tenaga pendidikan yang berminat.

Melalui TOT ini nantinya para guru dan tenaga pendidikan dapat memanfaatkan Microsoft office 365 dan Microsoft educator center dalam proses pembelajaran baik secara menyeluruh maupun dikolaborasikan dengan pembelajaran tatap muka.

Sebagai seorang guru saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, mendapatkan informasi ini saya langsung melakukan registrasi secara online, dan ternyata saya terdaftar dalam TOT kelas Gorontalo Jambi dengan master trainer Baharudin yang juga merupakan founder dari sultra cerdas. Pelatihan secara daring ini akan berlangsung selama 4 hari dengan menyelesaikan beberapa tugas terstruktur dan tugas mandiri. Peserta TOT dari wilayah Gorontalo dan Jambi adalah sebanyak 90 orang, sedangkan secarakeseluruhan secara nasional dalam acara Grand Opening TOT Guru Inovatif angkatan 2020 dihadiri oleh 6000 peserta secara Live daring.

Beberapa materi yang dipelajari dalam TOT adalah

1.    Mengenal Microsoft educator center

2.    Menggunakan Microsoft Teams, Microsoft Form, Microsoft OneDrive, Microsoft Sway (Digital Story Telling),  Online Collaboration through office 365, Microsoft ClassNote, dan Deploy Akun Office 365.

Keuntungan dalam mengikuti kegiatan ini adalah selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan dalam pemanfaatan Microsoft Office 365 juga mendapatkan akun Office 365 secara gratis dan mendapatkan sebuah Drive penyimpanan hingga sebesar 1 Terabyte.

Pelatihan TOT yang kami jalani selama 4 hari terasa belum cukup untuk memahami dan menguasai tekhnologi yang ditawarkan oleh Microsoft dalam pemanfaatannya dalam pembelajaran, sehingga kami harus mengeksplor secara mandiri seluruh bagian dari tekhnologi ini. Penyelesaian course yang telah disediakan merupakan salah satu cara untuk berlatih dalam penguasaan pemanfaatan tekhnologi Microsoft, sehingga guru dapat membuat sebuah inovasi dalam pemanfaatan tekhnologi Microsoft untuk pembelajaran di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post